Kelompok Pengembangan Diri

Fakultas Hukum Mengajar

FH Mengajar UPN “Veteran” JATIM merupakan organisasi kemahasiswaan pada Fakultas Hukum UPN “Veteran” Jawa Timur yang bergerak di bidang pengajaran dan pengabdian masyarakat. Target pengajaran kami adalah anak-anak usia dini yang sedang bersekolah atau setara dalam tingkatan SD, SMP, dan SMA. Materi pengajaran yang kami sampaikan mengenai materi yang belum disampaikan di sekolah dan juga materi-materi mengenai pengenalan hukum.

Melalui program kerja unggulan FH Mengajar UPN “Veteran” JATIM yaitu GOSE (Grow Optimal Share Education) yaitu program kerja pengajaran, kami melakukan pengajaran di Kampung Binaan Krukah, Ngagelrejo, Surabaya dan UPTD Kampung Anak Negeri.

FH Mengajar UPN “Veteran” JATIM dibentuk dan diresmikan di Surabaya pada tanggal 2 November 2017.

Pembina pertama FH Mengajar UPN “Veteran” JATIM adalah Ibu Aldira Mara Ditta Caesar Purwanto, S.H., M.H. dan saat ini Pembina FH Mengajar UPN “Veteran” JATIM adalah Ibu Dwi Wahyuningtyas, S.Pd., MA.

Tugas dan Fungsi

  1. Menjadi pelopor gerakan pendidikan melalui program pengajaran;
  2. Melakukan pengenalan hukum dasar kepada sasaran pengajaran;
  3. Mengembangkan potensi yang dimiliki dalam lingkup keanggotaan FH Mengajar;
  4. Ikut andil dalam mendukung program kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan akademik dan/atau non akademik sekaligus program wajib belajar 12 (dua belas) tahun.

Visi & Misi FH Mengajar UPN “Veteran” JATIM

Visi

Terwujudnya FH Mengajar UPN “Veteran” JATIM sebagai organisasi di bidang pengabdian masyarakat yang dapat menjadi wadah pengajaran bagi masyarakat serta mendorong mahasiswa memberikan kebermanfaatan dalam memajukan pendidikan Indonesia.

Misi

  • Menjalankan Tridharma perguruan tinggi khususnya pada bidang pengabdian masyarakat;
  • Mendukung program kebijakan pemerintah dalam bidang pengajaran dan program wajib belajar 12 tahun;
  • Menyalurkan pemahaman dasar hukum kepada generasi muda;
  • Menjadi wadah kolaborasi yang melibatkan organisasi dan masyarakat luas untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran guna membantu pemerataan pendidikan;
  • Mengembangkan potensi yang dimiliki anggota organisasi dibidang akademik maupun non-akademik yang mampu mendukung berlangsungnya tujuan organisasi

Dokumentasi Kegiatan

[metaslider id=676 cssclass=””]

Komunitas Debat Fakultas Hukum

Komunitas Debat ini dulunya bernama Forum Debat Fakultas Hukum (FDFH) yang didirikan dan dipimpin oleh Ricardo DS Sitinjak (2016),Pada saat itu status FDFH sendiri masih BSO atau (Badan semi otonom) di bawah BEM. Di periode berikutnya Ricardo DS Sitinjak naik menjadi Presiden BEM, akhirnya FDFH dibawah Repemimpinan Bintang Artsena periode 2018-2019, Bintang Artsena bersama anggota FDFH pada saat itu mengusahakan agar FDFH tetap ada walaupun BEM sinergi perubahan sudah lengser. Karena FDFH ini sangat penting dan harus tetap ada di FH. Akhirnya FDFH berdiri sendiri (tidak di bawah BEM) dan pendanaan dll sudah langsung dari fakultas (masa transisi dari LSO menjadi LO). pada tanggal 28 Oktober 2019 Forum Debat Fakultas Hukum (FDFH) diubah menjadi Komunitas Debat Fakultas Hukum (KDFH) dengan Ketua Umum I Kadek Gusti Bagaskara (KMFH 2017) sebagai Organisasi Internal Fakultas Hukum/Lembaga Otonom (LO) Fakultas Hukum UPN “Veteran” Jawa Timur yang bertujuan agar Mahasiswa Fakultas Hukum UPN “Veteran” Jawa timur memiliki Reterikatan terhadap Komunitas Debat Fakultas Hukum ini.

TUJUAN

1. Sebagai wadah pelatihan Debat.

2. Mengembangkan kegiatan internal rutin (pelatihan, pembekalan, dan sosialisasi).

3. Meningkatkan kualitas debaters dengan mengadakan event rutin tingkat lokal,regional maupun nasional.

4. Aktif dalam kegiatan sosial dalam organisasi maupun luar organisasi.

STRUKTUR DAN PROKER

Badan Pengurus Harian

Badan yang memiliki fungsi kontrol, koordinasi, pengembangan dan peningkatan untuk menjalankan dan bertanggung jawab atas segala kegiatan dan program kerja yang telah ditetapkan.

Program kerja :

  1. Open rekrutment anggota
  2. Rapat kerja
  3. Kas KDFH
  4. Evaluasi triwulan
  5. KDFH days
  6. Rapat akhir periode

Bidang Riset Dan Kompetisi

Merupakan bidang yang bertugas mencari, mengkaji   serta memberi informasi terkait isu-isu terkini yang sering diperdebatkan. Selain itu bidang ini juga memiliki tugas untuk memberikan informasi mengenai perlombaan dan membantu perihal riset ketika mengikuti kompetisi.

Program kerja :

  1. Latihan rutin debat
  2. Lomba debat internal
  3. Berita KDFH
  4. Pencarian lomba dan pendampingan delegasi

Bidang Kaderisasi

Merupakan bidang yang mengatur, mengurus, dan melakukan kaderisasi serta  pemberdayaan sumber daya manusia untuk mendukung pengembangan kompetisi, dan  karir dalam rangka mencapai tujuan Komunitas Debat Fakultas Hukum UPNV JATIM. Selain itu bidang kaderisasi merupakan bidang yang bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kesejahteraan Komunitas Debat Fakultas Hukum UPNV JATIM.

Program kerja :

  1. Pelatihan pembentukan argumen dabat
  2. Kajian dan diskusi
  3. Pelatihan dialektika dan retorika
  4. Pelatihan dasar debat

Bidang Humas

Merupakan bidang yang bertugas menjalin   kebersamaan, kepedulian, dan partisipasi   diantara pengurus dengan anggota didalam Komunitas Debat Fakultas Hukum UPNV JATIM serta menjembatani dan menjalin kerja sama antar pengurus dengan anggota, lembaga, dan organisasi kemahasiswaan lain di dalam maupun diluar kampus/Komunitas Debat Fakultas Hukum UPNV JATIM

Program kerja :

  1. Welcome party
  2. Public speaking class
  3. Safari KDFH
  4. Farewell party

Bidang Media dan Informasi

Merupakan bidang yang bertugas mengolah dan mengedit konten-konten berupa Vidio,  Foto, Poster, dll. Yang akan diupload ke media sosial Komunitas Debat Fakultas Hukum UPNV JATIM.

Program kerja :

  1. This month in KDFH
  2. Ucapan hari besar KDFH
  3. Breack a fact (Fakta hukum)
  4. Update berita terkini
  5. KDFH Ber PDH

Dokumentasi

[metaslider id=724 cssclass=””]

Komunitas Peradilan Semu


Komunitas Peradilan Semu Bela Negara Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur atau yang lebih dikenal dengan KPS Bela Negara merupakan salah satu Lembaga Otonom dibawah naungan Fakultas Hukum UPN “Veteran” Jawa Timur yang mewadahi seluruh mahasiswa dalam pengembangan minat bakat baik dalam bidang peradilan semu maupun kemampuan berorganisasi.

Kapan KPS dibentuk dan diresmikan?
Komunitas Peradilan Semu Bela Negara Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur berdiri pada 30 Juli 2017.

Pembina pertama dan sekarang siapa?
Pembina Komunitas Peradilan Semu (KPS) Bela Negara Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur adalah Ibu Maria Novita Apriyani, S.H., M.H.

Nama Kabinet KPS sekarang apa artinya apa?
Pada periode 2023/2024 ini Komunitas Peradilan Semu (KPS) Bela Negara Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur memasuki keperiodeannya yang ketujuh, dengan Fauzul Averoezy selaku Ketua Umum KPS Bela Negara Masa Bakti 2023/2024 dengan nama kabinet Sapta Prakasa dengan filosofi nama “Cahya Ketujuh”.

Terus Tugas dan Fungsi KPS apa aja?
Tugas utama dari KPS Bela Negara yakni mengembangkan minat dan bakat anggota KPS Bela Negara terutama dalam bidang peradilan semu.

Dokumentasi

[metaslider id=713 cssclass=””]

Komunitas Riset Mahasiswa

Komunitas Riset Mahasiswa (KRM) Fakultas Hukum UPN “Veteran” Jawa Timur didirikan pada tanggal 4 Maret 2017. Komunitas ini didirikan sebagai bentuk keresahan Fakultas Hukum UPN “Veteran” Jawa Timur terhadap kurangnya minat dalam bidang riset dan kepenulisan di kalangan akademisis Fakultas Hukum. KRM FH mempunyai tujuan membentuk calon researcher guna menambah  keilmuan yang utamanya dalam bidang hukum.

Struktur organisasi KRM FH tersusun atas beberapa divisi yang mempunyai tujuan dan tugas masing masing dalam mewujudkan tujuan utama dari KRM FH yakni untuk membentuk calon membentuk calon Researcher yang professional dan memberikan edukasi terkait riset dan penulisan dalam bidang hukum.

Badan Pengurus Harian (BPH)

Divisi ini bertanggung jawab penuh atas segala kegiatan keprganisasian, mengawasi dan melakukan koordinasi dengan divisi divisi untuk menjalankan koordinasi dengan divisi divisi untuk menjalankan program keorganisasian. Anggota BPH diantara lain:

  • Ketua Umum: membuat dan menentukan kebijakan kebijakan terkait penyelenggaraan program kerja organisasi dan mengkoordinasi seluruh aktivitas organisasi
  • Wakil ketua umum: membantu ketua dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya, mengesahkan atau mengambil keputusan apabila ketua berhalangan
  • Sekretaris: menyusun dan mencatat segala urusan administrasi dalam organisasi
  • Bendahara: menyusun keuangan serta kekayaan organisasi dan bertanggung jawab terhadap pengelolaan keuangan.

LITBANG (Penelitian dan Pengembangan)

Divisi yang dikerahkan untuk mewadahi dan memfasilitasi kegiatan penalaran, penelitian pengembangan dan bertanggung jawab atas kegiatan keilmiahan di lingkup Fakultas Hukum UPN “Veteran” Jawa Timur, dengan memberikan wadah berupa pelatihan untuk pengembangan pelatihan dan pengetahuan anggota dibidang penulisan dan riset.

 Divisi ini bertugas Menginisialisasi kegiatan pembelajaran dan memberikan edukasi kepada anggota mengenai riset, penalaran dan karya ilmiah. Litbang berperan dalam penyaluran minta riset anggotanya sesuai dengan keminatannya. Divisi ini juga berkolaborasi dengan Divisi PSDM untuk mewujudkan salah satu misi dari KRM FH, yaitu inovatif dan kreatif.

PSDM (Pengembangan Sumber Daya Manusia)

Divisi ini berperan dalam mengembangkan potensi dan kemampuan interpersonal KRM FH, serta bertanggung jawab atas pengelolaan pengembangan dan pemberdayaan inernal KRM FH dengan harapan menghasilkan anggota anggota yang berintergritas dan mempunyai kemampuan yang baik dalam mencapai tujuan KRM FH. Selain itu, divisi ini bertujuan untuk membuat acara acara menarik yang dapat mempererat dan menjaga kekeluaragaan KRM FH UPN “Veteran” Jawa Timur.

Medinfo (Media dan Informasi)

Divisi ini bergerak dalam bidang multimedia dan berfungsi sebagai media penyebaran informasi di lingkup Fakultas Hukum, serta bertanggung dalam mengelola, menghimpun dan memublikasikan seluruh informasi secara kreatif, informative dan menarik. Melalui media media yang dimiliki oleh KRM FH dan juga berfungsi sebagai wadah dalam minat dan bakat anggota KRM FH dibidang multimedia.

EO (Event Organizer)

Divisi ini bertugas mengeksekusi, mengatur serta bertanggung jawab atas suatu acara. Divisi ini menggunakan kreativitas maksimal setiap anggota karena setiap acara yang dilaksanakan harus berjalan dengan baik.  

Guna mewujudkan tujuan utama dari dibentuknya KRM FH, sehingga diadakan program kerja (proker) yang telah dijalankan oleh KRM untuk mendorong sumber daya manusia dalam pelaksanaan di bidang riset dan kepenulisan. Proker tersebut meliputi:

Program Kerja:

  1. Sekolah Kepenulisan
  2. Writing Bootcamp
  3. Thriting
  4. Jual Buku Hukum
  5. Dies Natalis
  6. Kompetesi Kepenulisan
  7. Konten Sosial Media
  8. Pelatihan Media
[metaslider id=738 cssclass=””]